Berbagai Finishing Cetak Kartu Nama

posted by on April 8, 2013

Membuat kartu nama bukan berarti hanya menuliskan identitas diri Anda atau perusahaan di sebuah kertas kecil yang muat di dompet. Membuat kartu nama berarti pula membuat suatu representasi diri Anda. Jadi Anda sebaiknya memastikan bahwa kartu nama Anda dapat merepresentasi diri Anda dengan baik. Otomatis berarti, Anda harus membuat kartu nama dengan desain yang gemilang, yang sanggup mencuri perhatian orang ketika menerimanya. Karena percayalah, di tengah dunia yang semakin sibuk dan padat dengan beragam aktivitas ini, terlalu banyak kartu nama disebarkan, dan terlalu banyak pula yang tak dilirik penerimanya, karena mereka terlalu sibuk. Sehingga, jika Anda ingin kartu nama Anda berbicara, buatlah kartu nama yang mempesona.

Buat Kartu Nama

Bagaimana caranya menghasilkan kartu nama yang mempesona? Tentu saja dengan memberikan finishing cetak yang apik dan sesuai dengan desain Anda. Finishing cetak dapat dibilang sebagai sentuhan akhir dari proses cetak, untuk membuat satu atau seluruh bagian dari cetakan menjadi semakin menarik. Dengan finishing cetak, Anda dapat membuat kartu nama yang tadinya biasa-biasa menjadi luar biasa, menarik perhatian dan rasa ingin tahu penerimanya. Nah beberapa finishing cetak sudah cukup terkenal, namun ada beberapa finishing cetak yang belum Anda ketahui, mari simak daftar di bawah ini sebagai tambahan pengetahuan, dan mungkin saran yang bermanfaat, untuk membuat tampilan kartu nama Anda menjadi lebih menarik.

  • Laminasi Doff dan Glossy

Laminasi atau pelapisan ini sudah sering Anda jumpai di berbagai jenis cetak, baik di dunia percetakan maupun digital printing. Tujuan dari pelapisan ini adalah untuk melindungi cetakan agar tidak cepat luntur atau rusak. Lapisan Glossy adalah lapisan berbahan plastic yang mengkilat, yang memberi kesan shiny. Karena seluruh bagian cetakan jadi mengkilat dan memantulkan sinar, lapisan ini jadi berkesan kurang anggun dan sedikit norak, Jadi lapisan ini jarang digunakan pada kartu nama. Sementara lapisan doff membuat desain kartu nama tampil lebih soft dan lebih berkelas. Sehingga jenis lapisan ini lebih banyak dipakai.

  • UV Spot

UV Spot adalah juga jenis pelapisan, namun menggunakan bahan utama cairan dan diolah khusus dimesin sehingga menghasilkan efek yang sama seperti pelapis berbahan plastik. Perbedaan utama UV Spot dengan Laminasi adalah UV Spot adalah pelapisan yang dapat diterapkan pada spot-spot tertentu saja yang ingin di-highlight. Sehingga beberapa spot tampil lebih menonjol daripada yang lain. Ini membuat desain menjadi lebih menarik dan memiliki prioritas. Jika Anda ingin logo Anda diutamakan misalnya, Anda dapat memberikan sentuhan UV Spot, sehingga logo Anda lebih ‘bersinar’ dibanding bagian lainnya yang tidak lebih penting, seperti alamat, dan lain-lain.

  • Hotprint

Hot print adalah warna emas atau silver yang timbul yang sering Anda lihat di kartu nama atau di cetakan-cetakan agenda tahunan atau undangan-undangan pernikahan. Lapisan hot print ini menggunakan kertas tinta emas atau silver yang di-press pada cetakan sehingga menempel. Jika Anda suka pada kesan megah dan eksklusif, Anda dapat menggunakan hot print pada kartu nama Anda.

  • Emboss dan Deboss

Nah Emboss juga sering sekali kita jumpai pada kartu nama. Emboss adalah huruf timbul atau 3D pada cetakan, yang juga dicapai dengan mem-press cetakan. Deboss adalah huruf timbul ke dalam, yang agak jarang digunakan dalam cetakan.

  • Die-Cut

Dan yang terakhir, jika Anda ingin memberikan sentuhan kreatif yang sedikit berlebihan pada kartu nama Anda, Anda selalu dapat melakukan die cut pada kartu nama Anda. Melubangi, atau membentuk kartu nama menjadi bentuk lain selain kotak, dapat membuat orang melirik kartu nama Anda. Hanya jangan berlebihan menggunakan die cut, karena dapat membuat kartu nama menjadi ringkih dan mudah robek, yang pada akhirnya malah akan merugikan Anda.